Cerita Tentang

Makanan Khas Timur Tengah

Makanan khas timur tengah dari dulu terkenal akan rasanya yang khas dan sarat dengan rempah-rempah. Salah satu rumah makan yang menyajikan masakan khas timur tengah adalah depot Al Mutlik. Depot Al Mutlik berada di kawasan Ampel, yang lebih dikenal dengan nama Kampung Arab, Surabaya. Untuk menemukan depot ini, cukup dengan menyusuri jalan utama, yaitu jalan KH Mas Mansyur. Letak depot ini terletak di bawah hotel Kemajuan yang cukup terkenal di kawasan Ampel.

[Image: imgp0099ed.jpg?w=106&h=140]

Makan di depot Al Mutlik memberikan pengalaman baru bagi saya. Pemandangan khas yang pertama kali mencuri perhatian saya adalah sebuah botol unik seperti teko. Ternyata, fungsi dari botol itu adalah untuk mencuci tangan. Kreatif sekali.

Menu andalan depot ini adalah kambing oven bakar yang dipanggang dengan arang. Rasanya sangat khas dan sangat arab. Menu yang lain juga sangat khas timur tengah, seperti gule kacang ijo, roti maryam, gule kambing, nasi briani, nasi tomat, dan tentu saja nasi kebuli. Menu-menu seperti ini hanya dapat kita temui di rumah makan khas timur tengah.

[Image: imgp0109ed1.jpg?w=269&h=164]

Harga yang ditawarkan juga relatif murah. Satu porsi kambing oven bakar (bisa untuk 2-3 orang) dihargai Rp 32.000. Sepiring nasi briani Rp 8000 dan satu mangkok gule kacang ijo diberi harga Rp 15.000. Cukup sediakan Rp 100.000 dan nikmati masakan khas timur tengah ini bersama dua orang teman. Jika Anda bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan ingin mencoba sesuatu yang baru tapi masih relatif “aman”, Anda bisa mencoba mencicipi sajian di depot ini. Kambing oven bakar dan gule kacang ijo (plus roti maryam) is a must.
Tags: , ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 comments

Leave a Reply