Cerita Tentang

Makanan Khas Bali

        Setiap daerah memiliki tradisi dan budaya yang berbeda dari daerah lainnya. Demikian pula halnya Bali. Bali yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata utama para wisatawan dalam negeri maupun manca negara, memiliki banyak sekali keunikan. Budayanya yang adi luhung telah menarik berbagai bangsa dari bermacam belahan dunia untuk datang mengunjunginya.
        Pulau Dewata sudah terkenal, ayam betutu -masakan khas Bali- juga sudah tak asing lagi. Tapi, mungkin Anda belum pernah mencicipi nasi jenggo -sejenis nasi kucing di Solo-, sayur lawar, sate lilit (terbuat dari ikan tenggiri), sayur ares (terbuat dari batang pohon pisang muda), dan rujak kuah pindang.

  1. sate lilit
Makanan berupa sate tidak selalu daging yang disayat atau dipotong-potong lalu ditusuk sebelum dibakar. Begitu pula untuk sate lilit yang merupakan santapan khas Bali. Bahan dasar sate ini adalah ikan laut berukuran besar, seperti tuna. Daging ikan ini dilembutkan dan diberi bumbu, santan, serta parutan kelapa. Ketika bumbu sudah menyatu dengan ikan, sate mulai bisa dibentuk dengan mengepal daging ikan memanjang di tusuk sate. Sate lilit dibakar dan siap dinikmati bersama sepiring tupat, semangkuk sup ikan, dan plecing kangkung.
Rasanya sedikit pedas dan aroma khasnya ketika dibakar dijamin bikin ngiler. Apalagi bagi penikmat makanan dan penggemar pedas. Membakarnya pun pakai arang batok kelapa, bukan arang kayu. Katanya, rasanya lebih nyus pakai batok kelapa.

      2. ayam betutu
Ayam Betutu adalah masakan khas dari daerah Gilimanuk Bali, ayam kampung yang dimasak ungkep selama 1 jam ini dan juga dipanggang menambah lezat dan Ayam Betutu Original yang terasa pedasnya.
   3.  rujak kuah pindang

Rujak Kuah Pindang adalah makanan khas Bali. Rujak Kuah Pindang hampir mirip dengan rujak manis atau rejak gula. Contoh buah yang digunakan mirip dengan rujak gula seperti bengkuang, pepaya, kedondong, mentimun, belimbing, mangga dan lain lain. Buah buahan ini di kupas kemudian dipotong kecil kecil. Yang membedakan dengan rujak biasa adalah pelengkapnya, yatiu kaldu atau kuah yang terbuat dari rebusan ikan, garam, terasi dan cabai. Semua bahan pelangkap itu diulek sampai halus. Tapi tidak diberikan air lagi karena dicampur kuah pindang (kaldu ikan pindang) yang sudah cair.
  4. jukut ares/ syur ares
Jukut (sayur) rambanan merupakan jenis lauk pauk dengan bahan baku berbagai jenis sayuran. lauk pauk ini menggunakan santan kental yang memberikan citarasa yang gurih. Karena terdiri dari berbagai jenis sayuran, maka sayur ini sangat baik untuk pencernaan. Untuk menambah lezatnya sering juga dikonsumsi dengan sambal tersai.
5. plecing kangkung
Plecing kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Bali. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan saus sambal terasi, tomat, toge, kacang, dan jeruk nipis.
6. serombotan
Srombotan adalah sayuran khas Klungkung Bali, terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge, kobis yang dimasak setengah matang. kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. Cara memasaknya yaitu degan dimasak hingga kental. Kalas inilah yang menjadi ciri khas serombotan yang kalau dihidangkan harus menggunakan kacang goreng dan nasinya bercampur ubi jalar atau nasi oran sele orang Bali menyebutnya. Sayur ini sudah mendunia, karena restorant Made dan beberapa restorant di Bali menjadikannya sebagai hidangan utama pada menunya. Adalah Bondan WInarno pembawa acara wista kuliner di trans tv yang memberikan istilah MAKNYUS alias enak murah dan enak untuk Srombotan ini. Dia seakan menjadi icon utama dibalik kelesatan sayuran di Bali saat ini.
7. lawar bali
Lawar adalah makanan tradisional Bali yang sudah sangat terkenal di daerah Bali, karena disamping digunakan sebagai sajian dan hidangan juga telah dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan merek lawar Bali. Lawar adalah salah satu jenis lauk pauk yang dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu-bumbu dan kelapadan terkadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa dari lawar itu ialah darah dari daging itu sendiri, darah tersebut dicampurkan dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar tersebut. Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama makanan ini jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari.
Penamaannya bervariasi, biasanya berdasarkan jenis daging yang digunakan atau jenis sayurannya. Bila yang digunakan daging babi maka lawar yang dihasilkan disebut lawar babi., demikian juga bila yang digunakan sayur nangka, maka lawarnya diberi nama lawar nangka. Ada juga pemberian namanya berdasarkan warna lawarnya yaitu lawar merah bila warna lawarnya merah, lawar putih bila warna lawarnya putih dan ada lawar yang bernama lawar padamare, yaitu sejenis lawar yang dibuat dari campuran beberapa jenis lawar. Lawar disajikan sebagai teman nasi bersama jenis lauk-pauk lainnya.
8. pisang rai
enganan yang terbuat dari pisang ini memang menjadi santapan yang enak apalagi sambil ditemani dengan secangkir kopi atau teh manis hangat. Yak, Pisang Rai namanya. Penganan khas Bali ini saya temukan ketika sedang menghabiskan sore di Ancol Jimbaran Resto.
Pisang yang digunakan adalah pisang tanduk yang cukup tua sehingga rasanya cukup legit. Pisang tanduk yang telah dipotong-potong ini dibalut dengan adonan yang terdiri dari tepung beras, tepung tapioka, dan juga santan. Kalau tak ada pisang tanduk bisa juga digantikan dengan pisang kepok atau pisang raja yang masak di pohon.
Nah, pisang tanduk yang sudah dicelupkan kedalam adonan tadi segera dimasukkan kedalam panci yang sudah berisi air mendidih. Kalau pisang sudah mengapung barulah diangkat dan tiriskan.
Sebagai pelengkap ditaburilah dengan kelapa parut yang telah dikukus. Beberapa daerah di Bali menyajikan pisang rai ini dengan kinca gula merah. Selain itu adonan yang membalut pisang biasanya diberi pewarna hijau dari daun suji atau daun pandan sehingga warnanya terlihat lebih cantik.
9. sambel matal/ sambel mentah

Sambal matah berasal dari Bali, rasanya segar dan pedasnya menggigit, dimakan dengan nasi nasi campur Bali atau ikan bakar.

masih banyak makanan khas bali,.
maaf saya sengaja tidak bisa menampilkan makanan khas bali-babi guling, jika ingin tau silahkan googling sendiri.
Tags: ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 comments

Leave a Reply