Cerita Tentang

Bekal Buruh Saat Demo, Dari Komputer Tablet Sampai Air Minum

Jakarta Ada-ada saja yang terjadi saat demonstrasi berlangsung, dari tuntutan aksi sampai bekal bawaan yang dibawa para pendemo. Kali ini para pendemo yang memperingati May day, tidak saja membekali diri dengan air minum, tapi juga komputer tablet!


Pemandangan itu tampak saat masa aksi dari Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) dan Gabungan Serikat Pekerja Manufktur Independen Indonesia (GSPMII) bergerak mendekati Istana Presiden pukul 14.00 WIB.

Tiba di depan Istana Presiden, pendemo yang berjumlah 1000-an buruh itu berdemo dengan menunjukan ekspresi yang berbeda. Salah seorang buruh yang mengenakan topi dan kaos hitam, tampak kegirangan merekam kegiatan rekan-rekannya dengan video di perangkat komputer tabletnya. Saat yang lain mengacungkan bendera dan poster tuntutan, buruh nyentrik ini berjalan-jalan mengabadikan moment peringatan Mayday.

Selain aksi buruh komputer tablet tadi, diantara keriuhan demonstrasi tampak juga tiga orang melakukan aksi teatrikal. Dua di antara mereka tak mengenakan baju, justru mencoret tubuhnya dengan cat biru bertuliskan, "Jangan Rampas Tanah Petani".

Buruh lainnya tampak membawa beberapa poster bergambar karikatur SBY dan Muhaimin Iskandar. Dalam karikatur, buruh menggambarkan SBY tengah pusing memikirkan ВВМ, dan Muhaimin Iskandar digambarkan sebagai musuh kaum buruh.

Hingga menjelang sore ini gelombang massa aksi kaum buruh terus bertambah mengepung Istana Presiden. Sementara, ribuan aparat polisi bersiap dengan tameng dan water canon.
Tags: , ,

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 comments

Leave a Reply